Pondok Pesantren

Nama Pondok Pesantren: Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto
Alamat Pondok Pesantren : Jalan Letjen. Pol. Soemarto
: Desa Purwanegara
: Kecamtan Purwokerto Utara
: Kabupaten Banyumas
: Provinsi Jawa Tengah
: Kode pos 53126
Pengasuh Pondok Pesantren : -
Tahun Pendirian : -
Status Tanah: Milik Sendiri
Luas Tanah: 4810 m^2
Kegiatan Belajar Mengajar: Pagi, sore dan malam

Tentang Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto

Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci (No Statistik : 510033020143) adalah sebuah lembaga pendidikan keagamaan nonformal dibawah Yayasan Nurul Hidayah Karangsuci (Akta Notaris no : 04 tanggal 01 Juli 2013 ) yang memulai kegiatannya secara resmi pada bulan Ramadhan 1986 di bawah asuhan   (Alm) KH. Dr. Noer Iskandar al Barsyani MA dan Ibu Nyai. Dra. Hj. Nadhiroh Noeris. Pada awalnya kegiatan pondok pesantren dimulai secara resmi dengan jumlah santri sekitar 10 orang. Lambat laun, pondok pesantren asuhan (Alm) Gus Noer tersebut terus berkembang semakin pesat dan dikenal di kalangan masyarakat luas. Hingga pada saat ini Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci di bawah asuhan  Nyai. Hj. Dra. Nadhiroh Noeris memiliki santri yang berjumlah kurang lebih 700 orang santri putra dan santri putri serta ribuan orang alumni yang tersebar di berbagai pelosok nusantara.

Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci memiliki visi untuk mempertahankan ajaran Islam tuntunan ulama salaf yang berpaham Ahlu as Sunnah wa al Jama'ah. Dengan demikian diharapkan santri yang mayoritas adalah pelajar dan mahasiswa selain memiliki kemampuan intelektual akademis, dapat pula mengkaji tuntunan ulama salaf melalui Literatur Islam Klasik atau Kitab Kuning. Dengan kematangan aqidah Ahlu as Sunnah wa al Jama'ah tersebut, maka santri diharapkan akan memiliki kepribadian utuh dengan mengedepankan ahlakul karimah yang dilandasi akhlak tawasuth, tawazun, tasamuh dan i'tidal, dan tentu saja memiliki keunggulan dalam bidang keislaman. Dengan demikian santri dapat menjadi ulama pejuang pembela ajaran Islam paham Ahlu as Sunnah wa al Jama'ah.

Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci selain menggunakan sistem bandongan dan sorogan, dalam metode pembelajarannya juga menerapkan sistem klasikal melalui Madrasah Diniyah Salafiyah Al Hidayah (MDSA) dan Madrasah Diniyyah Al-Kautsar (MDA) dengan kurikulum ala pesantren. Selain MDSAdan MDA, Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci juga memiliki Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul Hidayah dengan fokusnya pada pengembangan kemampuan santri untuk berbahasa asing khususnya Bahasa Arab dan Inggris, Madrasah Qur’aniyyah (MQ) Al-Hadi sebagai lembaga yang mengurusi pengajian Al-Qur’an, Gema Nada Sholawat Salsabila (GNSS) yang merupakan wadah bagi para santri untuk menampilkan kreativitas dalam bidang kesenian, dan Organisasi Santri Madrasah Diniyah Salafiyah Al Hidayah (OSMADINSA) dan Organisasi Santri Madrasah Diniyah Al-Kautsar (OSMADINKA) sebagai sarana bagi para santri untuk mengepresikan dan mengaktualisasikan dirinya, antara lain melalui kegiatan latihan berorganisasi, beretorika dan sekaligus juga melatih bakat dan kemampuan dalam hal kepemimpinan.

Lokasi Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci yang berada ditengah-tengah diantara beberapa Sekolah Tinggi dan Universitas menjadikan Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci memiliki mayoritas santri yang juga berstatus mahasiswa dan di dominasi oleh mahasiswa/i STAIN.