Madrasah

Tentang Madrasah

Sistem pengajaran di Madrasah menggunakan metode bandongan, sorogan, talaqqi dan roisan. Bandongan adalah metode yang diterapkan dibanyak pesantren yakni Ustadz membacakan Kitab kemudian memaknainya sedangkan santri aktif mendengarkan dan mencatat. Sementara sorogan adalah metode kebalikan dari bandongan dimana santri secara satu persatu membacakan dan memaknai kitab dan Ustadz mendengarkan. Sedangkan Roisan atau syawir adalah semcam diskusi dimana seluruh santri dalam tiap kelas aktif terlibat dalam pembahasan suatu kajian yang dipimpin oleh salah seorang santri yang ditunjuk. Talaqqi lebih dikhususkan untuk pengajian Al-Qur'an sehingga kefasihan dan kesesuaian bacaan dapat langsung dipraktekkan.

Sistem kurikulum terus mengalami pembaharuan demi terciptanya model yang sesuai. Hal ini dilakukan setelah diawali dengan adanya evaluasi tahunan.

Madrasah melakukan placement test pada santri baru untuk mengukur kemampuan santri sesuai dengan tingkatan yang ada. Sedangakan Ujian Madrasah diadakan tiap semester dan tamrin/ulangan setiap 2 minggu atau sesuai dengan petunjuk Ustadz.

Madrasah Diniyyah Salafiyyah Al-Hidayah ( MDSA )

Adalah lembaga pendidikan keagamaan otonom di tingkat Awwaliyah yang berada di dalam Pondok Pesantren Al-Hidayah  Karangsuci, Purwokerto yang didirikan pada tanggal 1 Januari 1995 dan diresmikan oleh Kementerian Agama pada 19 Februari 2014. Pembentukan MDSA bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran keagamaan dan pengetahuan Islam kepada para santri. Nilai-nilai dan pedoman yang diusung MDSA dalam pendidikan dan pengajarannya adalah ajaran Ahlu as Sunnah wa al Jama’ah; berkepribadian akhlakul karimah,  aplikasi tawasuth, tasamuh, tawazun dan i’tidal dalam kehidupan, serta memiliki keunggulan dalam khasanah keislaman.

Madrasah Diniyyah Al-Kautsar

Lembaga Diniyah Al-Kautsar adalah lembaga yang ada di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci. Secara kedudukan, lembaga pendidikan ini setingkat dengan MDSA, namun yang membedakan adalah lama pendidikannya, kurikulum dan metode pembelajarannya. Selain itu, madrasah Diniyah Al-Kautsar juga lebih berkonsentrasi pada bidang Fiqih ‘Ubudiyah dan al Qur’an. Lembaga ini didirikan pada tahun 2014 yang dikhususkan untuk para santri yang jenjang pendidikannya masih setingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Tujuan lembaga ini untuk menanamkan pribadi yang berakhlak dan berilmu sesuai dengan aqidah Ahlu as Sunnah wa al Jama’ah.

Madrasah Qur'aniyyah Al-Hadi

Adalah lembaga pendidikan di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci yang bergerak dan konsen terhadap pendidikan dan pengajaran Al-Quran dan praktek ubudiyyah dasar, khususnya bagi santri baru. Lembaga ini didirikan pada tahun 2010 yang bertujuan untuk lebih mempercepat peningkatan kemampuan mendasar bagi santri. Selain itu bagi santri tingkat menengah dan atas yang telah lulus tingkatan dasar dapat meneruskan ke jenjang Tahfidzul Qur’an.